Sahabat Bandarq, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Hacking Game Console Attacks, artinya beberapa penargetan Hacking / Attack kepada beberapa jenis konsol game yang harus anda waspadai, karena bisa saja akun game anda yang sangat berharga bisa tercuri dan tidak bisa direstorasi.

Beberapa kali dalam setahun, mungkin kita akan selalu membaca di media internet tentang berbagai serangan ataupun kerentanan di beberapa game tertentu ataupun platform konsol game tertentu. Seringkali target serangannya adalah eksploit terhadap platform daring (online), forum, ataupun game yang berbasis Online seperti FBPS, MOBA, dan lain sebagainya.


PC atau Konsol Game lainnya, terutama yang bermain secara massively multiplayer online role playing, dan game populer lainnya seperti Minecraft dll, sudah terkena ancaman signifkan yang menargetkan konsol game mereka.  Serangan tersebut menargetkan konsol Xbox, Playstation, atau bahkan Nintendo.  Apalagi, untuk Nintendo DS dan juga PSP sering disusupi oleh trojan beberapa tahun lalu.

Ada pula serangan kepada Playstation Network, jaringan online untuk konsol game PlayStation yang terjadi pada tahun 2011 dan mengakibatkan 75 hingga 100 juta pelanggan kehilangan akunnya.

Pada saat itu terjadi, terpaksa server Playstation Network dipadamkan hampir lebih dari 1 bulan lamanya. Hal ini bukan hanya disebabkan oleh peretas yang bisa memasuki jaringan, namun juga karena serangkaian kesalahan keamanan yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi, dan justru memperburuk masalah peretasan yang terjadi.

Bahkan, ada beberapa pihak yang mengklaim sudah meretas konsol permainan PlayStation 3, dan bisa menggunakannya tanpa lisensi apapun dari Sony.

Sesempurna apapun sebuah sistem, pasti ada celah didalamnya, karena sistem tersebut hanyalah buatan manusia. Karena itu, jika sekiranya anda memiliki akun di Consol Game Network, jangan sekali-kali menyimpan detail anda secara online, karena sangat rawan peretasan dan pencurian data. Hanya simpan detail akun anda secara offline, baik secara digital, ataupun diatas kertas.